Jumat, 23 April 2010

DKI Garap Potensi Kepulauan Seribu

Sejumlah pulau di Kepukluan Seribu akan dikembangkan untuk menarik wisatawan.

Bersama Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengembangkan potensi wisata Kepulauan Seribu. 

Total pulau di Kepulauan Seribu ada 110. "Hanya 36 pulau yang akan dikembangkan," kata kata Bupati Kepulauan Seribu, Abdul Rachman Andit, di Balai Kota, Jakarta, Rabu 4 Maret 2009. 

Ia mengatakan, ada 45 pulau di Kepulauan Seribu yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata. Sembilan di antaranya telah menjadi resort. Dari sembilan itu, geliat wisata empat pulau mati suri akibat krisis moneter tahun 1998. Hanya lima pulau yang bertahan sebagai objek wisata.  

Krisis moneter juga membuat jumlah pengunjung di kepulauan utara Jakarta itu merosot tajam. Puncak pengunjung terjadi tahun 1998 sebanyak 180 ribu pengunjung setahun. Setelah itu pengunjung turun sampai 80 persen. Geliat wisata mulai bergairah lagi tahun 2007 dengan jumlah pengunjung berkisar 50 ribu per tahun. 

Beberapa pulau yang akan dikembangkan antara lain Pulau Matahari, Pulau Kayu Angin Genteng, Pulau Lintang, Pulau Sebaru, dan Pulau Lipan. "Pulau-pulau itu perlu dikembangkan untuk menarik wisatawan lagi," Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Firmansyah Rahim, menambahkan.


Sumber:
Pipiet Tri Noorastuti, Lutfi Dwi Puji Astuti
http://metro.vivanews.com/news/read/36135-dki_garap_potensi_kepulauan_seribu
4 Maret 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar